Tiap Hari 10.000 Jenazah Dikubur di Kuburan Massal!

Tiap Hari 10.000 Jenazah Dikubur di Kuburan Massal!




Mengerikan! Sekitar 10.000 jasad korban gempa setiap harinya diangkut ke kuburan massal di Port-au-Prince, ibukota Haiti. Jenazah para korban gempa itu diangkut dengan buldoser dan truk-truk.




Menurut angka resmi pemerintah Haiti, sejauh ini diperkirakan 90 ribu orang telah dikubur sejak gempa dahsyat mengguncang Haiti pada 12 Januari lalu. Sekitar 110 ribu jenazah lainnya diperkirakan masih berada di antara reruntuhan bangunan.

Foultone Fequiert, salah seorang pekerja penguburan, mengaku trauma dengan tugas mengerikan mereka. "Saya telah melihat begitu banyak anak, sangat banyak. Saya tak bisa tidur di malam hari dan kalaupun saya tidur, akan terus-menerus bermimpi buruk," tutur pria berumur 38 tahun itu.

"Kemarin saja saya menerima 10.000 mayat," imbuhnya seperti dilansir harian Inggris, Telegraph, Jumat (22/1/2010).

Begitu banyaknya korban tewas sampai-sampai para pekerja penguburan tak punya waktu untuk memberikan penguburan yang layak secara agama. Mayat-mayat itu dimasukkan begitu saja ke tanah galian untuk dikubur secara massal.

Organisasi kemanusiaan terkemuka Prancis, Medecins Sans Frontieres mengingatkan, korban jiwa bakal bertambah lagi. Sebab banyak korban gempa yang terluka hingga kini belum diobati. Belum lagi munculnya penyakit-penyakit menular di tenda-tenda pengungsi.

"Ancaman kesehatan berikutnya termasuk wabah muntaber, infeksi saluran pernafasan dan penyakit lainnya di antara ribuan warga Haiti yang tinggal di kamp-kamp yang penuh sesak dengan sanitasi yang buruk atau bahkan tidak ada," kata Dr Greg Elder dari Medecins Sans Frontieres.

Saat ini puluhan ribu warga Haiti masih dirawat karena mengalami luka serius di rumah sakit-rumah sakit darurat di Port-au-Prince. Gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Haiti diperkirakan telah menewaskan lebih dari 200 ribu orang.

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. E-RECHTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger