Makam Gus Dur Masih Padat Peziarah

Makam Gus Dur Masih Padat Peziarah


Metrotvnews.com, Jombang: Makam Kiai Haji Abdurrahman Wahid di area Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, masih dipadati peziarah pada hari keempat presiden keempat RI itu dikuburkan, Ahad (2/1). Mereka datang silih berganti. Mereka memadati makam, pendopo dan Ponpes Tebu Ireng.

Para peziarah sengaja datang untuk mendoakan almarhum yang semasa hidup biasa disapa Gus Dur itu. Bahkan banyak di antaranya tak kuasa menahan tangis. Mereka berusaha mendekat dan menyentuh makam Gus Dur. Mulai hari ini peziarah pria dan wanita mulai dipisahkan.

Para peziarah tak hanya datang dari Kota Jombang dan sekitarnya. Tapi juga datang dari Jawa Barat dan kota lain di Jawa Timur. Salah seorang yang tampak ada Kiai Haji Bunyamin Ruhiat dari Ponpes Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat. "Saya sebagai pengaggum Gus Dur," kata adik K.H. Muhamad Ilyas Ruhiat ini, tokoh Nahdlatul Ulama terkenal dari Jabar.


Menurut K.H. Bunyamin, ada tiga yang diteladani dari Gus Dur. Pertama, wawasan kebangsaan. Kedua wawasan keislaman, sehingga menjadi rahmatilililalamin sesuai dengan Islam. Ketiga, Gus adalah tokoh Nahdlatul ulama. Tahun 84 membawa NU kembali ke khitah. Gus Dur menjadi ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama hingga 1999. Pada periode, 1994-1999, Gus Dur bersama Kiai Ilyas Ruhiat memimpin NU. Saat itu, Kiai Ilyas menjadi Rohis Am.(BEY)

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. E-RECHTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger